RSS

Menyingkap Keindahan yang Terabaikan dengan Fotografi Makro

02 Apr

Fotografi adalah seni.  Seni adalah tentang keindahan.  Itulah salah satu alasan saya menyukai fotografi.  Dengan fotografi saya tak hanya menikmati sendiri keindahan itu, tetapi juga berbagi dengan orang lain.  Keindahan yang belum pernah anda lihat sendiri.  Keindahan yang pernah anda lihat tanpa sempat mengabadikannya.  Keindahan yang sering anda lihat tanpa menyadarinya.  Atau bahkan keindahan –yang tanpa fotografi- anda anggap itu menjijikkan.

Salah satu cabang fotografi yang sangat menarik bagi saya adalah fotografi makro (atau mikro).  Apa itu fotografi makro bisa anda lihat disini.  Saya sendiri juga tak terlalu paham definisi teknis nya.  Ah tapi mungkin itu tak terlalu relevan.  Saya hanya berusaha mengaplikasikannya untuk memotret keindahan-keindahan yang tersembunyi dan terabaikan, karena ukurannya yang mungkin terlalu kecil.

Objek favorit saya adalah binatang-binatang kecil seperti serangga, laba-laba, dan binatang lainnya.  Apapun binatang kecil yang saya temui saat “berburu” tak jadi soal.  Yang jelas mereka harus benar-benar alami.  Tak ada proses pengarahan gaya apalagi pembunuhan, hanya untuk mendapatkan pose yang saya inginkan.  Semua binatang yang saya potret dalam keadaan hidup, sedang melakukan aktivitas alaminya, dan di habitat aslinya.  Tak ada proses rekayasa apapun.  Saya tidak mengatakan bahwa membunuh binatang sebelum memotretnya adalah sebuah kesalahan.  Semua itu tergantung tujuan masing-masing.

Bagi sebagian orang, alih-alih menakjubkan binatang-binatang ini mungkin lebih dianggap menjijikkan.  Tapi bagi saya organisme yang terdiri dari struktur yang unik, dibalur permainan komposisi warna yang mencolok, dan mempunyai tingkah laku yang yang tak biasa ini adalah sebuah keindahan yang luar biasa.  Jika anda bisa menikmatinya, rasa jijik bisa berubah menjadi takjub.

Salah satu teknik yang saya pelajari dalam memotret binatang-binatang kecil khususnya serangga adalah fokus pada bagian mata.  Ini karena bagian mata biasanya mempunyai bentuk dan warna yang menarik.  Selain itu, binatang yang sedang melakukan aktivitas tertentu merupakan objek yang lebih menarik dibandingkan binatang yang sedang tidak melakukan aktivitas apa-apa.  Aktivitas seperti berburu, berpose unik, atau bahkan sedang bereproduksi merupakan momen yang sangat menarik untuk diabadikan.  Untuk mendapatkan momen-momen seperti itu tentu membutuhkan kesabaran, kecepatan, kejelian, dan sedikit keberuntungan.

 

 

 

 

 

 

Ada banyak metode dan peralatan yang bisa digunakan untuk mengaplikasikan fotografi makro.  Dari yang rumit hingga yang sederhana.  Dari yang mahal hingga yang murah meriah.  Untuk saat ini fotografi makro dipermudah oleh kemajuan teknologi digital.  Sebagian besar kamera poket digital sudah dilengkapi fitur makro, walaupun kualitas gambar dan perbesaran yang dihasilkan masih terbatas.

 

 

Senjata andalan saya

Saya sendiri selama ini hanya menggunakan peralatan “seadanya”.  Seadanya karena saya hanya menggunakan kamera D40 kesayangan saya, sebuah lensa fixed 50mm seri E yang umurnya mungkin lebih tua daripada saya, dan sebuah reversing ring untuk membalik lensa.  Dengan peralatan seperti itu, semua settingan kamera menjadi manual, mulai dari light meter hingga focusing. 

 

 

 

Anda tertarik? Selamat mencoba…

 
2 Comments

Posted by on April 2, 2012 in Fotografi, Lain-lain

 

2 responses to “Menyingkap Keindahan yang Terabaikan dengan Fotografi Makro

  1. mohdaswad

    April 2, 2012 at 11:54 pm

    Perkongsian ilmu yg menarik…:))

     
  2. andy727

    April 3, 2012 at 9:33 am

    Betul om, mohon petunjuk & kritiknya…

     

Leave a Reply

 
